JAKARTA – Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 nanti, mencuat juga berbagai nama calon menteri yang akan menjadi pembantu Prabowo dan Gibran. Bahkan para calon menteri sudah mulai terlihat sejak beberapa hari lalu hingga kini karena dipanggil Prabowo untuk melakukan pembekalan.

Salah satu sektor yang dinantikan adalah Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kabar terbaru dari Kementerian yang saat ini masih dipimpin Bahlil Lahadalia adalah bakal kembali ada posisi Wakil Menteri di Kementerian ESDM.

Berdasarkan pantauan dan informasi yang diterima Dunia Energi, persiapan menyambut adanya pejabat yang akan mengisi posisi wakil menteri sudah dilakukan di Kementerian ESDM. Berbagai perlengkapan serta keperluan penunjang Wakil Menteri beserta stafnya sudah mulai dipersiapkan.

Menurut pantauan Dunia Energi sudah disediakan ruangan khusus untuk menampung berbagai barang dan perlengkapan yang nantinya digunakan oleh Wakil Menteri.

Hingga kini memang belum ada informasi pasti mengenai siapa yang akan mengisi posisis wakil menteri ESDM yang terakhir kali dijabat oleh Arcandra Tahar.

Beberapa nama yang dipanggil oleh Prabowo sendiri memang diketahui sering bersinggungan dengan sektor energi. Misalnya saja Maman Abdurahman, politisi partai Golkar. Dia lama menduduki jabatan sebagai anggota DPR RI di Komisi VII DPR RI yang membidangi sektor energi. Namun Maman dalam beberapa hari terakhir diprediksi bakal mengisi posisi Menteri UMKM.

Selanjutnya ada Dyah Roro Esti yang juga politisi partai Golkar dan juga ikut dipanggil ke kediaman Prabowo. Dia merupakan mantan anggota komisi VII DPR RI yang dikenal cukup lantang menyuarakan isu Energi Baru Terbarukan (EBT).

Sementara untuk sosok Menteri ESDM, dari kabar yang beredar nama Bahlil Lahadalia masih menjadi favorit untuk kembali mengisi salah satu posisi di pemerintahan paling strategis tersebut. (RI)