YOGYAKARTA – PT Pertamina Gas sebagai bagian dari Sub Holding Gas Pertamina, berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada Program Kehumasan kategori Kanal Digital dalam ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2024, di Yogyakarta, Jumat (11/10) lalu yang diterima langsung oleh Manager Communication, Relations & CSR, Imam Rismanto.

Kinerja kehumasan Pertamina Gas yang diakui pada ajang ini adalah kanal digital melalui media sosial Instagram @pertaminagas yang menyabet predikat silver dengan mengangkat pesan komunikasi Delivering Reliable Energy. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas inovasi dan efektivitas komunikasi yang dilakukan Pertagas melalui platform digital, yang berhasil menjangkau dan melibatkan audiens dengan baik.

“Melalui kanal digital media sosial instagram ini, Pertamina Gas berupaya menyampaikan pesan komunikasi yang casual namun tetap professional terkait industri migas di Indonesia. Ini adalah bukti komitmen kami untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi yang efektif dan interaktif.” ungkap Imam setelah menerima penghargaan.

Menurut Ima, Pertagas saat ini tengah melakukan transformasi bisnis sebagai wajah baru infrastruktur energi yang menjadi leading sector dalam pengembangan bisnisnya yaitu penyaluran energi andal. Delivering Reliable Energy sebagai narasi besar perusahaan di berbagai saluran komunikasi seperti media massa, media digital, dan berbagai media lainnya sesuai dengan isu dan segmen audiens yang dituju. “Strategi ini memastikan pesan tersampaikan secara efektif dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.” Kata Imam.

Melalui berbagai strategi komunikasi Reliable Energy, Engaging Stories yang diimplementasikan Pertamina Gas pada kanal digital media sosial instagramnya, Pertagas telah mengukur keberhasilan performa komunikasi digital selama satu tahun terakhir. “Kami berusaha untuk tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga membangun hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat melalui kanal digital ini.” Tambah Imam.

AHI 2024 merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi dan keterbukaan informasi lembaga publik di kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, BUMN, anak usaha BUMN, BUMD, Badan Layanan Umum (BLU) se-Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Humas Indonesia dan bertujuan menjadi barometer pencapaian tertinggi kinerja departemen komunikasi publik/biro humas/dinas komunikasi dan informatika.

Selain itu, kompetisi ini dinilai oleh para expertise komunikasi di mana dewan juri terdiri dari para pakar humas atau PR, pakar komunikasi publik, jurnalis senior, akademisi senior, dan pakar branding. AHI 2024 adalah barometer pencapaian tertinggi kinerja departemen komunikasi publik/ biro humas/dinas komunikasi dan informatika.

Melalui penghargaan ini, Pertamina Gas menegaskan komitmennya dalam membangun komunikasi yang optimal dan edukatif melalui kanal digital. Pertagas bertekad untuk terus menyebarkan informasi yang bermanfaat dan menjalin interaksi yang positif dengan masyarakat, demi mencapai tujuan bersama dalam pemanfaatan energi yang lebih baik.(DR)